Dunia Kerja

Prospek Kerja Lulusan Manajemen, Ternyata Banyak Banget!

Prospek kerja manajemen

Sebagai lulusan manajemen, kamu memiliki penguasaan ilmu manajemen yang menjadi nilai jual. Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan manajemen untuk mengatur jalannya sebuah perusahaan. Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di berbagai bidang dan prospek kerjanya sangat luas. Tanggung jawab pekerjaannya mulai dari strategi bisnis, membuat kebijakan manajemen perusahaan, ketenagakerjaan, produksi, pemasaran hingga administrasi.

Kenalan Sama Jurusan Manajemen Yuk!

Jurusan manajemen merupakan bidang keilmuan yang mempelajari proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian perusahaan. Jurusan ini masih terkait erat dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Karena mempelajari kegiatan perusahaan dan pengendaliannya, pekerjaan yang memerlukan ilmu manajemen sangatlah banyak. Dengan cakupan ilmu yang luas, jurusan ini memiliki berbagai konsentrasi ilmu yang bisa kamu pilih; manajemen keuangan, manajemen bisnis, manajemen industri, manajemen perpajakan, manajemen pemasaran, manajemen perbankan, manajemen SDM, dan masih banyak lagi.

Daftar Pekerjaan Lulusan Jurusan Manajemen

1. Staf Finance 

Profesi finance membentuk sistem keuangan dan mengatur transaksi perusahaan. Tanggung jawabnya mencakup pencarian, pengelolaan, pengalokasian dana, dan melakukan pembayaran perusahaan. Selain itu seorang staf keuangan juga harus mengatur kebutuhan uang kas perusahaan dan memastikan laju keuangan sesuai dengan pencatatan yang sudah dilakukan bagian akuntan. Umumnya staf finance merupakan lulusan manajemen keuangan.

2. Market Researcher 

Peran market researcher adalah membantu bisnis menentukan target pasar dan audience yang tepat. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi terkait target pasar dan pelanggan untuk melihat keberhasilan produk. Dengan mengidentifikasi pasar, maka perusahaan dapat membuat produk yang tepat. Kamu akan mengatur pemasaran produk, periklanan, target pasar dan masih banyak lagi. Tujuan utamanya untuk memastikan banyak orang membutuhkan produk atau jasa yang disediakan perusahaan. Jurusan manajemen dengan konsentrasi manajemen pemasaran cocok untuk posisi ini.

3. Staf Operasional

Manajemen operasional berfokus pada produksi barang, jasa hingga sistem. Tugasnya adalah memastikan produk dan jasa dihasilkan dengan maksimal, serta nggak ada yang terbuang percuma. Pekerjaan staf operasional sangat luas, sehingga hampir seluruh bidang industri membutuhkan seorang pekerja pada posisi ini. Jurusan manajemen yang mendukung pekerjaan ini adalah manajemen operasional

4. Marketer 

Marketer adalah jenis pekerjaan yang membantu meningkatkan penjualan produk atau layanan melalui strategi pemasaran yang efektif. Seorang marketer dapat membuat, menerapkan dan mengubah strategi pemasaran. Upaya pemasaran yang dilakukan harus sesuai dengan demografi yang ditetapkan perusahaan. Tanggung jawab utamanya adalah mempromosikan produk atau jasa, mengatur iklan dan menentukan target pasar. Tentu saja seorang yang belajar di jurusan manajemen pemasaran cocok menjadi seorang marketer.

5. Business Consultant 

Seorang konsultan bisnis diperlukan oleh para pebisnis yang ingin melakukan konsultasi mengenai pengembangan, perencanaan, masalah dan hal lain yang berhubungan dengan perkembangan perusahaan. Kehadiran profesi ini dapat menghindari bisnis dari kerugian. Maka seorang konsultan bisnis akan mengobservasi sebuah bisnis secara mendalam untuk menemukan permasalahan yang dihadapi dan menyiapkan berbagai macam solusi serta strategi untuk mengatasinya. Lulusan manajemen bisnis sangat cocok menjadi bisnis konsultan.

6. Human Resource Development (HRD)

Sebuah perusahaan memerlukan HRD untuk mengelola karyawan atau sumber daya manusia (SDM) secara optimal. Mulai dari rekrutmen, penentuan gaji, dan manajemen kinerja merupakan tugas seorang HRD. Selain itu juga bertanggung jawab atas pengembangan dan evaluasi karyawan, konsultasi, administrasi sampai dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawannya. Ketika dalam perusahaan terdapat masalah antar karyawan pada ruang lingkup kerja maka HRD akan terlibat dalam pembahasan dan mencari solusi yang terbaik. Seorang dengan latar belakang manajemen ketenagakerjaan memiliki kemampuan untuk mengemban tugas HRD.

7. Entrepreneur

Entrepreneur adalah seseorang yang melakukan proses menciptakan sesuatu yang baru agar bisa bernilai tambah dalam ekonomi. Seorang entrepreneur harus siap menghadapi resiko dan tantangan dalam proses menciptakan bisnis baru. Imbalannya sebagian besar keuntungan akan bisa dinikmati. Proses mendirikan usaha seorang entrepreneur disebut sebagai entrepreneurship. Meskipun dalam membuka bisnis tak perlu lulusan khusus, tapi ternyata ilmu manajemen bisa membantu dalam pengelolaan bisnis lho.

8. Business Manager

Pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan impian para mahasiswa manajemen. Peran seorang business manager secara umum adalah mengatur aktivitas perusahaan dan karyawan yang terdapat di dalamnya. Posisi ini juga bertanggung jawab untuk mengurus kepentingan perusahaan baik antara individu, institusi atau perusahaan lain. Tugas utamanya adalah mendorong karyawan untuk bekerja secara efektif dan efisien sehingga produktivitas dan kualitas strategi bisnis perusahaan dapat optimal. Pada perusahaan lebih besar berperan untuk mengevaluasi dan menilai kualitas kerja para karyawan. Seseorang dengan latar belakang ilmu manajemen bisnis merupakan jurusan yang paling berpotensi menjadi seorang business manager.

Jurusan manajemen memiliki prospek kerja yang sangat luas. Dengan keperluan perusahaan terhadap keahlian yang dimiliki, banyak lulusan manajemen yang bekerja di startup unicorn. Tentu bekerja di perusahaan besar merupakan salah satu impian banyak orang. Mau tahu jurusan lain yang paling banyak dicari startup unicorn? Cek di sini yuk: Mau Kerja di Startup Unicorn? Ini Jurusan yang Paling Banyak Dicari.